5 Aplikasi Game Android Yang Membuat Belajar Kimia Menjadi Lebih Menyenangkan

09:30


Upaya mengasah otak (pengetahuan) umumnya dilakukan dengan mengerjakan tatau mencari jawaban berbagai macam soal. Namun perlu diketahui mengasah otak sama sekali tidak mempengaruhi kemampuan bertindak dan psikologis. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan bermain game. Khususnya dalam kegiatan pembelajaran, bermain game diperlukan untuk meningkatkan motivasi belajar. Tentunya game yang dimaksud adalah game yang dapat memperkaya pengetahuan dan juga keterampilan dan tidak hanya terbatas bisa dilakukan di dalam kelas. Penggunaan game sebagai media pembelajaran sudah banyak dilakukan. Namun seiring berkembangnya teknologi, maka perkembangan bentuk game juga mulai beralih dari papan kayu menjadi papan kaca (gadget/handphone). 

Berikut ini adalah rekomendasi game kimia menarik yang kami rangkum ke dalam "5 aplikasi game android yang membuat belajar kimia menjadi lebih menyenangkan". 

logo aplikasi game kimia little alchemy

Little Alchemy adalah sebuah game pertualangan kimia yang dikembangkan oleh recioak dan dirilis pada pertengahan 2012. Game ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali. Hal yang sangat menarik dari game ini adalah pengguna diposisikan sebagai bocah yang suka berpetualangan. Namun pertualangan bocah tersebut adalah untuk menemukan berbagai macam unsur sebanyak-banyaknya. Tantangan dalam game ini adalah mencapai skor tertinggi dengan cara menemukan unsur sebanyak-banyaknya dengan waktu tercepat.

2. Atomas

logo aplikasi game kimia atomas

Atomas merupakan game puzzle kimia yang dikembangkan oleh sirnic dan dirilis pada tahun 2015 dan sudah diunduh lebih dari 5 juta kali. Game ini sangat menarik, dimana pengguna akan diajak untuk menciptakan semesta kecil miliknya yang dimulai dengan atom hidrogen hingga akhirnya menjadi elemen yang besar  dan berharga seperti emas dan platina. Game atomas ini tidak sulit untuk dimainkan, namun untuk menaikkan peringkat dalam menciptakan elemen akan memerlukan strategi yang baik, yang membuat atom pemain terorganisir.


logo aplikasi game kimia compounds game

Compounds Game merupakan game yang dikembangkan oleh monster brain dan dirilis pada pertengahan tahun 2017. Dengan memainkan game ini, pengguna diposisikan sebagai ilmuan yang sedang meneliti berbagai reaksi kimia di laboratorium. Dimana pengguna diajak untuk mengkombinasikan berbagai unsur untuk membuat suatu produk senyawa. Pengguna akan ditantang untuk membuat suatu senyawa produk secara cepat (rapid mode).


logo aplikasi game chemistry crossword puzzle

Berbeda dengan game yang sudah diulas sebelumnya, game chemistry crossword puzze lebih mirip dengan game susun kata, mencocokkan istilah dan teka-teki silang.  Namun game ini dinilai mampu mengasah otak pengguna tentang istilah-istilah dalam ilmu kimia. Game ini dikembangkan oleh edutaiment ventures dan dirilis pada akhir tahun 2017.

logo aplikasi game chemistry quiz

Sesuai dengan namanya, chemistry quis adalah permainan asah otak khususnya pengetahuan tentang istilah dalam ilmu kimia. Game ini mirip dengan quiz multiple choise (pilihan berganda) yang dipadukan dengan grafis animasi menarik. Tidak ada batasan waktu bermain game ini, karena berfokus pada uji pengetahuan. Game chemistry quiz dikembangkan oleh smart quiz apps dan dirilis pada pertengahan tahun 2017.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »