Pengertian, Prinsip Kerja, dan Jenis Boiler dalam Industri Kimia

23:54
boiler dalam industri kimia


Pengertian Boiler

Boiller adalah tungku yang digunakan untuk menghasilkan uap. Boiler memiliki bentuk dan ukuran yang bermacam-macam disesuaikan dengan penggunaanya. Uap air yang dihasilkan oleh boiler digunakan pada berbagai macam proses pengolahan, seperti pada proses dyieng (pencelupan) pada pabrik tekstil, pemasakan mie pada pabrik mie instan dan pemasakan kedelai pada pabrik susu kedelai bubuk. Uap super panas (super heated steam) yang dihasilkan oleh boiler juga digunakan untuk memutar turbin pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).


Prinsip Kerja Boiler

Prinsip kerja sistem boiler yaitu mengubah air menjadi uap melalui proses pemanasan. Proses kerja boiler mirip dengan memasak air. Namun pada boiler air dipanaskan terus - menerus, sehingga menghasilkan uap yang berkelanjutan. Dan ke dalam boiler ditambahkan air pendukung (feed water) untuk menggantikan air yang menguap. Sumber panas pada boiler dapat berupa bakan bakar hidrokarbon (batubara, minyak bumi dan gas alam), tenaga listrik, dan tenaga panas bumi.

Jenis-Jenis Boiler

Berdasarkan tekanannya boiler dibagi menjadi 3 macam, yaitu boiler bertekanan rendah, boiler bertekanan sedang dan boiler bertekanan tinggi. Sedangkan menurut tata letaknya dibagi menjadi 2 macam, yaitu boiler lorong api dan boiler lorong air. Boiler lorong air merupakan jenis boiler bertekanan tinggi yang biasa digunakan untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).
boiler lorong api

boiler lorong air

Partikel padat yang tertinggal menjadi makin terkonsentrasi dan pada saatnya mencapai suatu level dimana konsentrasi lebih lanjut akan menyebabkan kerak (scale) dan fouling (kotoran yang terkosentrasi kemudian menempel pada pipa boiler ). Scale diakibatkan karena logam Ca, Mg sedangkan fouling dikarenakan partikel - partikel pengotor yang terikut kedalam air umpan boiler sehingga menjadi menempel pada pipa boiler. Sistem umpan air boiler dibagi menjadi 2 macam, yaitu once-through sistem (sistem terbuka dan sistem tertutup (closed system). Untuk sistem terbuka diperlukan dua pengolahan untuk air umpan boilernya yaitu : 

  • Pengolahan untuk mencegah bertumbuhnya mikrobiologi yang terkandung dalam air umpan boiler. Jika tidak dilakukan pencegahan mikrobilogi ini mengakibatkan fouling pada pipa - pipa bolier. Mencegah pertumbuhan mikrobiologi ini menggunakan bahan kimia seperti bromin dioksida dan klorin dioksida.

  • Pengolahan dengan menambahkan bahan kimia untuk mencegah korosi dan scale, penambahan bahan kimia ini menggunakan senyawa kompleks karena krosi misalnya bisa diakibatkan karena kandungan oksigen terlarut besar sehingga perlu penambahan misalnya hidrogen sulfida dengan dosis kecil, sedangkan untuk mencegah scale diperlukan senyawa komplek untuk menrunkan kandungan Ca dan Mg.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 Comments

Write Comments
31 July 2019 at 13:52 delete

~chemicals boiler water treatment berkualitas untuk perawatan mesin boiler dari penumpukan kerak dan bahaya korosi.

~SCALE REMOVER chemicals cleaning boiler sebagai pelunakan kerak kapur dan silica.

Chemicals Coagulant Waste Water Treatment yg sangat efektif untuk pengolahan air limbah industri.

~PAC Liquid
~PAC Powder
~Decoloring Agent
~Polymer Anionic
~Polymer Cationic
Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi saya di email :tommy.transcal@gmail.com(tommy)

Reply
avatar
11 December 2023 at 10:48 delete

PT. NOVITA JAYA PERKASA

FREIGHT FORWADER CUSTOMS IMPORT & DOOR TO DOOR DL



Kepada Yth
MS./MR PURCHASING

Berikut penawaran dari PT. NOVITA JAYA PERKASA, Salah satu perusahaan jasa Export dan Import special dalam bidang jasa Customs Clearance di Kepabeanan, Baik melalui Bandara Soekarno Hatta, Maupun Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta DLL. Dan bersama ini kami dari PT. NOVITA JAYA PERKASA, Berminat untuk bermitra dengan perusahaan Bapak/Ibu dalam jasa Customs kami,apa bila perusahaan bapak tidak mempunyai legalitas Import bisa pakai bendera kami dan sangat simpel tidak repot" di Document dan jasa sebagai berikut :

* Customs Clearance Import
* Customs Clearance Export
* Import Exwork Dan FOB CIF
* Jasa Freight Dan CIF
* Door To Door
* Under Name menyewakan Ijin Import
* Trucking Container & LCL

Oprasional Perusahaan Kami Meliputi :

* Pelabuhan Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port (Jakarta)
* Pelabuhan Tanjung Perak & Air Port Juanda (Surabaya)
* Pelabuhan Tanjung Emas & Air Port Ahmad Yani (Semarang)
* Pelabuhan Belawan (Medan/ Balik Papan kalimantan/Samarinda

Bagi perusahaan Bapak/lbu yang belum memililki Lisensi Import, supaya tetap terlaksananya keg iatan import. Maka kami dari PT. NOVITA JAYA PERKASA, Juga menawarkan fasilitas under name berdasarkan Commoditas import

* NIB

Kami lampirkan Company profile perusahaan kami ,Adalah sebagaimana terlampir pada lampiran berikut ini
Demikianlah perkenalan dari kami,atas perhatiannya dan kerja samanya

Thank you & Regards

Kiki
Mobile. 08111500147



PT.NOVITA JAYA PERKASA

Jl.Mabes Hankam No.03 Ceger Cipayung
Jakarta Timur 13820 Indonesia
Tel : (+62) 22177297
Wa : (+62) 08111500147
HP : (+62)081314347708
Email : importzukijsi@gmail.com/cs.importgpl@gmail.com

Reply
avatar