6 Simbol Tanda Bahaya dalam Pekerjaan

22:45


Jika bekerja di dalam laboratorium maka harus mengenal simbol-simbol tanda bahaya yang ada. Pentingnya mengetahui arti dari simbol-simbol ini adalah agar terhindar dari bahaya yang mungkin mengancam ketika sedang bekerja di dalam laboratorium. Berikut ini adalah warna dasar dari simbol tanda bahaya. Berikut ini Tabel Simbol tanda bahaya.


Pada Tabel tersebut dapat dibaca bahwa simbol dengan warna dasar tertentu memiliki makna yang berbeda-beda.

1) Sub kelompok 1.1
Simbol dengan warna dasar putih, simbol merah dan berbentuk lingkaran ini memiliki arti adanya larangan. Simbol-simbol dalam sub kelompok ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Beberapa simbol yang sering ditemui adalah larangan merokok, larangan menyalakan api atau larangan untuk lewat.

2) Sub kelompok 1.2
Simbol pada sub kelompok ini memiliki warna dasar biru dengan gambar berwarna putih dan berbentuk lingkaran. Simbol pada kelompok ini memberikan arti bahwa pada area kerja dengan simbol tersebut wajib menggunakan alat pelindung diri.

3) Sub kelompok 2.0
Simbol-simbol tanda bahaya pada sub kelompok ini memiliki warna dasar kuning dengan gambar berwarna hitam dan bentuk simbol berupa segitiga. Simbol akan menunjukkan bahwa area dengan simbol tersebut memerlukan kewaspadaan.

4) Sub kelompok 3.1
Simbol tanda bahaya di sub kelompok ini memiliki ciri khas berwarna hijau dengan lambang putih dan bentuk simbol adalah kotak. Simbol-simbol ini mempunyai arti menunjukkan lokasi peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan seperti misalnya menunjukkan lokasi telepon terdekat, lokasi kotak P3K atau lokasi sumber bahan bakar.

5) Sub kelompok 3.2
Simbol dengan warna dasar merah, simbol putih dan berbentuk kotak ini memiliki arti yang menunjukkan adanya alat atau rambu pemadam api.

6) Sub kelompok 3.3
Simbol pada sub kelompok ini memiliki warna dasar gambar putih dengan simbol hitam. Simbol ini menunjukkan informasi umum seperti misalnya arah suatu lokasi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »