Kandungan Kimia dalam Daun Sirih dan Manfaatnya untuk Kesehatan

22:35
kandungan kimia dalam daun sirih

Sirih (Piper betle) adalah jenis tanaman yang tumbuh merambat atau bersandar pada pepohonan atau tanaman lain. Sirih merupakan tanaman asli Indonesia da sudah lama digunakan sebagai tanaman obat dan dalam upacara adat rumpun melayu. Pada tanaman sirih, bagian utama yang digunakan adalah daunnya.  Daun sirih memiliki aroma yang khas, yaitu aroma pedas, dingin dan tajam. Aroma tersebut disebabkan oleh kandungan senyawa kimia yang terdapat di dalamnya.

Kandungan Kimia dalam Daun Sirih

Kandungan kimia dalam daun sirih yang utama adalah minyak atsiri (betlephenol). Kandungan minyak atsiri dalam daun sirih yaitu 4,2%. Selain itu kandungan kimia dalam daun sirih adalah saponin, flavonoid, seskuiterpen, dan polifenol. Senyawa fenol dalam daun sirih memiliki turunan antara lain kavikol, kavibetol, eugenol, karvacol dan allipirokatekol.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Mengobati Penyakit

Penggunaan daun sirih sebagai obat sudah lama dikenal di dalam masyarakat. Pengobatan dengan daun sirih dapat dilakukan dengan meminum air rebusan atau mengunyah daun sirih secara langsung untuk pengobatan dalam. Sedangkan untuk pengobatan luar dapat dilakukan dengan mengoleskan ekstrak pada bagian tubuh yang terluka.

Beberapa manfaat atau khasiat dari daun sirih bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1) Daun Sirih sebagai Anti Mikroba 

Senyawa saponin yang terdapat dalam ekstrak daun sirih dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur (cendawan). Sehingga digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan bau badan dan mengatasi keputihan pada wanita. Saat ini sudah banyak beredar produk sabun atau salep yang terbuat dari ekstrak daun sirih.

2) Daun Sirih sebaga Anti Pendarahan

Apabila terjadi luka, ekstrak daun sirih dapat digunakan untuk menahan pendarahan. Selain itu ekstrak daun sirih juga dapat menyembuhkan pendarahan hidung (mimisan). Cara penggunaannya adalah dengan menempelkan daun sirih yang sudah diremas-remas pada bagian luka atau menyumbat hidung yang mengalami mimisan.

3) Daun Sirih sebagai Anti Alergi

Ekstrak daun sirih dapat mengobati alergi pada kulit seperti gatal-gatal. Cara penggunaanya adalah dengan mengoleskan ekstrak daun sirih atau menggosokkan daun sirih pada bagian kulit yang gatal-gatal.

4) Daun Sirih sebagai Antioksidan

Meminum air rebusan daun sirih dapat mengobati penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Air rebusan daun sirih dapat mempertahankan pH tubuh pada keadaan basa, sehingga pembentukan radikal bebas dalam tubuh dapat dicegah.

5) Daun Sirih sebagai Pestisida

Kandungan fenol dan kavikol pada daun sirih dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk menanggulangi hama pada tanaman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »