Kandungan Kimia dalam Habbatussauda dan Manfaatnya untuk Kesehatan

22:08
kandungan kimia dalam habbatussauda

Habbatussauda merupakan nama lain dari biji jintan hitam yang berasal dari bunga tanaman Nigella sativa. Habbatussauda adalah tanaman asli asia selatan dan asia barat. Aroma dan rasa dari habbatussauda yang khas menjadikan ia sebagai salah satu bumbu penyedap masakan  timur tengah.

Penelitian tentang manfaat Habbatussauda untuk kesehatan pertama kali dilakukan oleh Ibnu Sina dan direkam dalam jurnal medisnya yang bernama Canon of Medicine. Hasil penelitian Ibnu Sina menunjukkan bahwa Habbatussauda memiliki manfaat sebagai obat asma dan masalah pernafasan lainnya.

Kandungan Kimia dalam Habbatussauda 

Habbatussauda adalah tanaman yang sangat kaya akan kandungan kimia yang bermanfaat bagi kesehatan.   Minyak atsiri (ekstrak) dari habbatussauda mengandung senyawa nigellone, thymoquinone, thymohydroquinone,dithymoquinone, thymol, carvacrol,  d-limonene,  d-citronellol, p-cymene dan 2-(2-methoxypropyl)-5-methyl-1,4-benzenediol. Senyawa-senyawa tersebut merupakan kandungan utama dari ekstrak habbatussauda dengan persentase p-cymene (7.1% – 15.5%), carvacrol (5.8% -11.6%), dan yang terbesar adalah thymoquinone (27.8% – 57.0%).

Habbatussauda juga kaya akan kandungan asam amino dan mineral. Asam amino yang terkandung dalam Habbatussauda yaitu arginin, lisin, leusin, metionin, tirosin, prolin dan treonin. Dan mineral yang terkandung di dalamnya seperti kalsium, pospat, natrium dan zat besi. Selain itu Minyak atsiri Habbatussauda sangat baik dikonsumsi karena mengandung asam lemak tak jenuh, seperti asam linoleat (55,6%), asam oleat (23,4%), dan asam palmitat(12,5%).

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan

Habbatussauda dalam pengobatan tradisional dimanfaatkan sebagai perangsang produksi ASI, obat cacingan, pelemas otot (diuretik), sakit kepala, sakit gigi, mata merah, wasir, alergi, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maka semakin banyak manfaat dari Habbatussauda yang diketahui. Adapun beberapa manfaat Habbatussauda yang utama adalah sebagai berikut:

Habbatussauda untuk Mengatasi Gejala Diabetes

Habbatussauda mengandung senyawa thymoquinone (TQ) yang dapat menghentikan perkembangan penyakit diabetes tipe 1 seutuhnya. Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia pada tahun 2014.

Habbatussauda untuk Melawan Kanker

Habbatussauda mengandung senyawa antioksida berupa etanol. Etanol yang terdapat dalam Habbarussauda ditemukan 80% mampu melindungi tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Habbatussauda untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

Jurnal Evidance-Based Complementary and Alternative Medicine menyebutkan bahwa mengkonsumsi habbatussauda dapat meningkatkan kualitas sperma dan memperbaiki jaringan testis. Khusus bagi pria perokok sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi habbatussauda secara teratur untuk menentralkan racun nikotin yang berdampak negatif pada struktur jaringan testis.

Habbatussauda untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Mencegah Kepikunan

Kandungan asam linoleat (omega 3) yang tinggi sangat baik untuk nutrisi perkembangan sel otak. Perkembangan sel otak yang baik akan meningkatkan daya ingat dan kecerdasan terutama untuk anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan. Selain itu Habbatussauda dapat memperbaiki peredaran darah ke otak, sehingga dapat mencegah kepikunan pada orang yang sudah lanjut usia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »