Cara Kalibrasi pH Meter

18:18
cara kalibrasi ph meter


Pentingnya Melakukan Kalibrasi pH Meter

pH meter merupakan alat untuk mengukur derajat keasaman atau kebasaan suatu zat cair. Pada pH meter terdapat elektroda (probe pengukur) yang terhubung dengan alat elektronik yang dapat menampilkan nilai pH. Elektroda pada pH meter memiliki bentuk batang yang terbuat dari kaca. Pada bagian bawah elektroda terdapat bohlam yang berfungsi sebagai sensor terhadap jumlah ion hidrogen atau jumlah ion hidroksida di dalam suatu zat cair. Bohlam pada elektroda pH meter merupakan bagian yang sangat sensitif dan harus selalu dikalibrasi setelah dipakai untuk pengujian.

Kalibrasi normal pH meter harus dilakukan setiap hari pada awal waktu. Sedangkan pada saat melakukan pengukuran pH, maka kalibrasi harus dilakukan sebelum setiap pengukuran. Kalibrasi dilakukan dengan menggunakan larutan buffer standar. Saat ini tersedia berbagai macam merk larutan buffer standar di pasaran. Dan pada setiap pembelian instrumen pH meter juga dilengkapi dengan daftar prosedur pengoperasian, prosedur kalibrasi dan rekomendasi jenis buffer standar cocok digunakan serta pengaturan suhu standar kalibrasi.

Kalibrasi pH meter dilakukan dengan menggunakan minimal dua larutan buffer standar. Pada saat melakukan kalibrasi pH meter sangat direkomendasi menggunakan buffer standar yang terdapat rentang pengukuran pH tercakup di dalamnya.  Contohnya pengukuran sampel yang memiliki rentang pH 5, maka kalibrasi dilakukan dengan menggunakan larutan buffer standar pH 4 dan 7.

Langkah Kerja Melakukan Kalibrasi pH Meter

Adapun cara melakukan kalibrasi pH meter dengan menggunakan larutan buffer standar  pH 4, 7, dan 10 adalah sebagai berikut:
  1. Hidupkan pH meter, biarkan alat selama 30 menit untuk pemanasan.
  2. Siapkan buffer standar yang akan digunakan.
  3. Cuci elektroda dengan mengunakan akuades, kemudian keringkan dengan tisu yang lembut.
  4. Rendam elektroda di larutan buffer standar pH 4, biarkan pembacaan stabil.
  5. Catat hasil pembacaannya.
  6. Angkat elektroda tersebut kemudian bilas dengan menggunakan akuades dan keringkan dengan tisu.
  7. Rendam kembali elektroda di larutan buffer standar pH 7, biarkan pembacaan stabil.
  8. Angkat elektroda tersebut kemudian bilas dengan menggunakan akuades dan keringkan kembali dengan tisu.
  9. Catat kembali hasil pembacaannya.
  10. Rendam elektroda di larutan buffer standar pH 10, biarkan pembacaan stabil.
  11. Angkat elektroda tersebut kemudian bilas dengan menggunakan akuades dan keringkan kembali dengan tisu.
  12. Catat kembali hasil pembacaanya.
  13. Terakhir rekap nilai hasil pembacaan pH larutan buffer standar, kemudian lakukan perhitungan nilai slope.

Berdasarkan nilai slope yang diperoleh, maka dapat diketahui efektivitas kinerja dari pH meter. Setiap pH meter mempunyai persyaratan nilai slope yang dapat diterima. Persyaratan tersebut biasanya disebutkan di dalam manual book dari pabrikan alat pH meter. Nilai slope yang tidak sesuai persyaratan menggambarkan hasil pengukuran dari pH meter kurang akurat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »