Kandungan Kimia dalam Minyak Zaitun dan Manfaatnya untuk Kesehatan

23:56
kandungan kimia dalam minyak zaitun

Zaitun (Olea europaea) merupakan tanaman yang sudah lama dikenal di dalam kehidupan. Awalnya Zaitun ditemukan di Yunani sekitar 7.000 tahun yang lalu di daerah Crete. Dahulu Zaitun digunakan sebagai simbol perjanjian dan perdamaian serta dianggap sebagai pohon suci. Namun seiring berkembangnya waktu Zaitun telah menjadi salah satu komoditas pangan. Pohon zaitun dapat tumbuh hingga 15 meter  dan bisa hidup mencapai 1500 tahun. Sebuah pohon zaitun akan berbuah setelah mencapai umur 5 tahun.

Bagian utama dari tanaman Zaitun yang digunakan adalah buahnya. Buah Zaitun yang sudah matang memiliki warna ungu. Buah Zaitun yang sudah matang tersebut dapat menghasilkan minyak apabila diperas. Minyak zaitun (Olive oil) hasil perasan tersebut dapat langsung dikonsumsi tanpa harus melibatkan proses kimia lainnya. Apabila diproses dengan proses penyulingan maka akan diperoleh 5 jenis minyak zaitun, yaitu: extra-virgin olive oil, virgin olive oil, revined olive oil, pure olive oil, dan extra light olive oil.

Kandungan Kimia dalam Minyak Zaitun

Minyak Zaitun banyak mengandung zat kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan kimia minyak Zaitun yang paling utama adalah squalene. Konsentrasi squalene dalam minyak zaitun adalah yang tertinggi dibandingkan dengan minyak lainnya, yaitu 2.500 sampai dengan 9.250 µg/g. Minyak Zaitun adalah minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh, yaitu asam oleat (omega 9) dengan kadar 55-85%. Kandungan kimia lainnya dalam minyak zaitun adalah turunan dari senyawa polifenol seperti fenol, tokoferol (vitamin E), dan sterol.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan


1) Minyak Zaitun untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Kandungan squalene yang tinggi dalam minyak Zaitun sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh dan sebagai bahan baku pembuatan insulin bagi penderita diabetes. Squalene juga bermanfaat sebagai interferon inducer (IFN) untuk mengobati kanker.

2) Minyak Zaitun untuk Melembapkan Kulit

Kandungan vitamin E pada minyak Zaitun sangat bagus untuk kesehatan kulit. Penggunaan minyak Zaitun sebagai rutin akan memberikan kadar kelempapan alami pada kulit.

3) Minyak Zaitun untuk Mencegah Penuaan Dini

Minyak Zaitun mengandung asam linoleat yang berfungsi untuk menjaga kadar air pada kulit, khususnya kulit wajah. Pemakaian minyak Zaitun secara teratur akan membuat wajah menjadi awet muda dan mencegah penuaan dini.

4) Minyak Zaitun untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak Zaitun merupakan minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh berupa asam oleat, sehingga mengkonsumsi minyak zaitun dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh untuk menjaga kesehatan jantung.

5) Minyak Zaitun untuk Menangkal Radikal Bebas dan Mencegah Kanker

Kandungan kimia berupa polifenol dalam minyak Zaitun berfungsi sebagai pembantu proses detoksifikasi molekul dalam tubuh. Sehingga tubuh akan terhindar dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »