6 Cara Kimia untuk Menguji Keaslian Perhiasan Dari Logam Mulia (Emas, Perak atau Platinum)

16:25
menguji keaslian perhiasan emas

Maraknya beredar berbagai jenis perhiasan palsu di pasaran, maka konsumen harus lebih berhati-hati dalam membeli perhiasan. Namun, tentunya konsumen juga harus memiliki pengetahuan untuk membedakan antara perhiasan asli dengan perhiasan yang imitasi (palsu). Berikut ini kami sajikan 6 cara kimia untuk menguji keaslian perhiasan jenis logam mulia (emas, perak atau platinum).

1. Menempelkan Ke Magnet

Cara ini adalah cara yang paling umum digunakan. Perhiasan yang terbuat dari logam emas, perak atau platinum tidak akan menempel apabila didekatkan dengan magnet. Apabila perhiasan tersebut menempel, maka perhiasan tersebut sudah dicampur dengan logam lain (imitasi).

2. Mengoleskan Cairan Iodine

Iodine dapat digunakan untuk memeriksa keaslian emas dan platinum. Perhiasan yang terbuat dari emas ketika dioleskan dengan cairan iodine, maka cara tersebut tidak akan menempel pada permukaan logam perhiasaan. Jika noda iodine tertinggal pada permukaan logam perhiasan emas, maka perhiasan tersebut tidak terbuat dari emas murni melainkan dicampur logam lain (imitasi).

Sedangkan untuk perhiasan yang terbuat dari logam platinum, apabila perhiasan tersebut dioleskan cairan iodine maka maka permukaan logam akan tetap berwarna gelap. Semakin jenuh warna gelap yang ditimbulkan maka semakin murni logam platinum tersebut.


3. Merendam Dengan Larutan Cuka

Perendaman ini dilakukan dengan cara mencelupkan perhiasan yang terbuat dari emas ke dalam gelas berisi cuka selama 5 menit. Perhiasan yang terbuat dari emas murni tidak akan berpengaruh jika direndam dengan cuka. Apabila permukaan logam berubah menjadi gelap maka perhiasan emas tersebut dicampur dengan logam lain (imitasi).

4. Mengoleskan Salep Belerang

Salep sulfur atau belerang digunakan untuk memeriksa keaslian perhiasan yang terbuat dari perak. Perhiasan yang terbuat dari perak asli akan menimbulkan warna biru gelap pada permukaannya. Namun tentu saja warna tersebut dapat dihilangkan kembali dengan air.

5. Menggosokkan Ke Kapur Tulis

Perhiasan yang terbuat dari perak akan menimbulkan warna gelap pada permukaannya sesaat setelah digosokkan dengan kapur tulis.

6. Mereaksikan Dengan Amoniak

Perhiasan yang terbuat dari logam emas dan perak, permukaannya akan berubah menjadi hitam apabila direaksikan dengan amoniak. Sedangkan perhiasan yang terbuat dari platinum tidak ada perubahan sama sekali (tidak ada reaksi).

Perhatian! "Dalam melakukan pengujian perhiasaan harus menggunakan alat pelindung diri (APD) antara lain sarung tangan karet dan masker".

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »