Hebat, NASA Temukan Bahan Bakar Alternatif dari Tanah Merah Mars

14:00
penjelajahan di tanah merah planet mars

Infokimia.com - Isu bahan bakar terbaharukan merupakan isu yang paling banyak dibahas oleh kalangan ilmuan saat ini. Pasalnya bahan bakar fosil yang saat ini menjadi sumber energi utama persediaannya sudah menipis dan diperkirakan akan habis dalam kurun waktu 30 tahun ke depan.

Saat ini para ilmuan sedang memilikirkan bahan bakar alternatif yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil. Salah satu penemuan yang sedang diteliti lebih lanjut adalah penggunaan tanah Planet Mars sebagai bahan bakar.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) melalui tim khusus yang dipimpin oleh Kurt Leucht melakukan riset terhadap tanah merah (regolith) khas Planet Mars. Tim Leucht menyebutkan riset tersebut sebagai "Pabrik debu sebagai pendorong".

Pemanfaatan tanah Mars dilakukan dengan mengekstrak air dari tanah merah (regolith), lalu mengubah air tersebut menjadi hidrogen dan oksigen melalui proses elektrolisis. Selanjutnya hidrogen yang dihasilkan tersebut digabungkan dengan karbon yang berasal dari Planet Mars untuk menciptakan gas metana. Gas metana tersebut yang nantinya akan digunakan sebagai alternatif bahan bakar.


Sampai saat ini NASA masih menyelediki kemungkinan penggunaan bahan bakar tersebut. Rencananya mereka akan mengirimkan robot ke planet Mars untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut. 

(Sumber: www.kompas.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »