Hebat, Ilmuan Menemukan Antibiotik dari Partikel Kuantum (Quantum Dots) untuk Melawan Superbug

10:29
partikel kuantum

Infokimia.com - Hampir 80 tahun lamanya para ilmuan mempelajari dan menciptakan antibiotik untuk membunuh bakteri mematikan. Namun belum membuahkan hasil maksimal, seiring penggunaan antibiotik, sebagian bakteri mematikan tersebut berevolusi menjadi superbug yang kebal terhadap semua antibiotik. Sedangkan pembuatan terhadap obat antibiotik baru membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang mahal.

Peneliti dari Institut Biofrontiers Universitas Colorado saat ini sedang mengembangkan sebuah antibiotik yang tidak berbasis biologi. Namun antibiotik tersebut berbasis teknologi komputasi dan dapat diperbarui dengan komputer. Antibiotik tersebut dibuat dengan partikel-partikel semikonduktor yang berukuran sangat kecil yang disebut dengan "Partikel Kuantum (Quantum Dots)"

Awal Mulanya Riset

Pengujian dan pengamatan dilakukan di sebuah laboratorium canggih di universitas tersebut. Sebuah cawan petri diisi dengan bakteri superbug yang sudah kebal dengan 20 jenis antibiotik. Bakteri tersebut bahkan dapat hidup dan berkembang biak di dalam lingkungan yang mengandung antibiotik. Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap, para peneliti terus memantau revolusi dari bakteri superbug tersebut. Revolusi bakteri tersebut ternyata lebih cepat dari waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah antiobotik baru.


Para peneliti dalam hal ini ingin mengembangkan sebuah antiobik baru yang dapat beradaptasi lebih cepat dari adaptasi bakteri terhadap antibiotik. Dengan menganalisa DNA bakteri superbug, para ahli kemudian membuat antibiotik dari partikel kuantum (quantum dots).

Partikel kuantum (quantum dots) memiliki ukuran 20.000 kali lebih kecil dari sebuah sel hidup. Jutaan partikel kuantum akan menunjukkan varietas warna yang berbeda ketika dicampur dengan air dan diberikan sinar ultraviolet. Warna yang dihasilkan oleh partikel kuantum tersebut adalah kuning, orange dan hijau.

warna partikel kuantum

Pengujian untuk Membunuh Bakteri Superbug

Partikel kuantum ditempatkan pada sebuah tabung seukuran ujung jari dan dilakukan dengan proses terapi sinar. Apabila bakteri superbug tersebut beradaptasi dengan cepat. Maka peneliti juga bisa dengan cepat mengubah komposisi partikel kuantum berikutnya.

Sejauh ini partikel kuantum menunjukkan hasil yang positif untuk membunuh bakteri superbug. Namun pengujian perlu dilakukan lebih lama lagi untuk memastikan bahwa terapi partikel kuantum ini aman digunakan pada manusia.

(Sumber: voaindonesia.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »