Kimia Organik dan Kekhasan Atom Karbon

19:55
proses maserasi dalam ekstraksi senyawa organik

Kimia organik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang struktur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa organik.

Senyawa organik tersusun dari karbon dan hidrogen, dan dapat mengandung unsur-unsur lain seperti nitrogen, oksigen, fosfor, dan belerang. Senyawa organik adalah senyawa kimia yang molekulnya mengandung karbon, kecuali karbida, karbonat, dan oksida karbon. 

Pembeda kimia organik dan anorganik adalah ada-tidaknya ikatan karbon-hidrogen. Sehingga asam format dan asam lemak termasuk senyawa organik, sedangkan asam karbonat termasuk anorganik. 

Dahulu kimia organik disebut sebagai kimia karbon. Karena senyawa-senyawa yang dipelajari adalah senyawa hidrokarbon dan turunannya yang hanya dapat diperoleh dari tubuh makhluk hidup dan tidak dapat disintesis dalam laboratorium (pabrik). 

Setelah keberhasilan Wohler membuat senyawa karbon, banyaklah peneliti lain yang mencoba membuat senyawa karbon dari senyawa anorganik. Lambat laun teori tentang arti hidup hilang dari kimia organik. Dan sekarang orang hanya menggunakan kimia organik sebagai nama saja tanpa disesuaikan dengan arti yang sesungguhnya. Sejak saat itu banyak senyawa karbon berhasil disintesis dan hingga sekarang lebih dari 2 juta senyawa karbon dikenal orang dan terus bertambah setiap harinya.


Kekhasan Atom Karbon 

Atom karbon merupakan fokus utama yang dikaji dalam kimia organik. Senyawa-senyawa yang dibentuk oleh atom karbon seluruhnya dapat dijumpai pada makhluk hidup. Sehingga atom karbon memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh atom dari unsur lainnya. Berikut ini adalah ciri khas yang dimiliki oleh atom karbon:
1) Atom karbon (C) dengan nomor atom 6 mempunyai susunan elektron K=2 dan L=4. Sehingga Atom karbon mempunyai 4 elektron valensi dan dapat membentuk empat ikatan kovalen. Contohnya molekul CH4 (metana).

2) Atom karbon dapat membentuk ikatan dengan atom karbon lain (katenasi). Ikatan katenasi yang terbentuk dapat berupa rantai karbon yang lurus, bercabang dan tertutup.

3) Atom karbon dapat membentuk ikatan kovalen tunggal, kovalen rangkap dua dan kovalen rangkap tiga.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »