Hebat, Peneliti AS Ciptakan Kayu Sekuat Baja

10:00
kayu super, kayu sekuat baja

Infokimia.com - Para peneliti di Amerika Serikat saat ini sedang mencoba menggabungkan berbagai senyawa kimia menjadi sebuah penemuan terbaru. Penemuan tersebut adalah kayu yang memiliki kekuatan sekuat baja (kayu super).

Sebagaimana kita ketahui, saat ini baja umumnya digunakan sebagai struktur bangunan dan mesin. Diharapkan dengan penemuan tersebut bahan bangunan berupa baja dapat diganti dengan kayu yang lebih kuat, lebih ringan dan lebih murah.

Awal Mulanya Proses Pembuatan

Kayu super kuat tersebut dibuat oleh peneliti di Universitas Maryland yang dipimpin oleh Liangbing Hu. Pembuatan kayu super kuat menggunakan beberapa bahan kimia dengan diberi gaya luar berupa tekanan dan panas.


Bahan utama yang digunakan adalah kayu standar atau bisa juga dengan kayu yang lebih bagus. Menurut Liangbing apapun kayu yang digunakan hasil akhir akan sama. Proses yang dilakukan pada pembuatan kayu super ini adalah dengan menghilangkan sebagian jaringan pengikat yang disebut lignin.

lignin

Dengan menghilangkan sebagian lignin pada kayu, maka dapat memperpadat struktur kayu. Selain dihilangkan sebagian lignin, kayu juga di press dengan suhu yang sangat panas selama satu hari. Hasil dari proses tersebut adalah kayu yang 3 kali lebih padat dan 10 kali lebih kuat dari kayu pada awalnya.

Kayu super ini dapat digunakan untuk membuat kerangka (struktur) mobil, pesawat terbang, kincir angin, pondasi bangunan dan lain-lain.

(Sumber: www.voaindonesia.com)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »